Indonesia Website Awards

Menulis di Blog sebagai Terapan Nyata Merdeka Belajar

lomba blog nusaputra

Di era pandemi COVID-19 saat ini, siswa dan mahasiswa di Indonesia harus melaksanakan pembelajaran dengan sistem daring atau biasa juga disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sistem ini terbilang baru, dan sudah tentu kemungkinan terjadinya kesulitan dalam implementasi itu ada.

Mungkin sebagian siswa dan mahasiswa sedikit kesulitan untuk mengikuti sistem pembelajaran yang terbilang baru ini dengan alasan yang beragam, seperti penggunaan perangkat yang terbatas, hingga jaringan yang di setiap rumah siswa dan mahasiswa tidak selalu bagus.

Namun, di era yang serba digital ini, semestinya saya sebagai mahasiswa dan Anda tetap harus dapat melakukan segala kegiatan dengan produktif, meskipun saat ini kita berada di tengah-tengah pandemi COVID-19 yang belum juga usai.

“Lalu, bagaimana langkah saya untuk tetap produktif sebagai mahasiswa di era pandemi COVID-19 ini?” Cara saya cukup sederhana, tetapi mungkin tidak semua siswa dan mahasiswa tahu. Jawabannya adalah menulis blog.

Ide ini saya dapatkan semasa saya belum resmi menjadi mahasiswa dan status saya juga sudah terlepas sebagai siswa. Bahkan awalnya saya juga sama sekali tidak pernah menulis baik itu di blog, maupun karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasikan di Internet.

“Apa alasan saya menulis di blog?” Alasan saya untuk menulis di blog cukuplah sederhana, yakni “Tertarik dan ingin tetap produktif”. Seingat saya, saat itu adalah masih masa awal pandemi COVID-19 yang harus membuat saya mengurangi kegiatan saya untuk keluar rumah.

Jadi singkat cerita, saat itu saya sendiri sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri dengan belajar di rumah saja. Materi-materi yang saya dapatkan seratus persen melalui situs web blog yang saya muncul di mesin pencari Google.

Dari sana saya berpikir “Kenapa orang-orang membagikan informasi dengan semudah ini di internet?” Dari rasa penasaran saya yang cukup tinggi saat itu, akhirnya saya menemukan kesadaran bahwa saya hidup di era digital dan didampingi oleh teknologi masa kini.

Rasa penasaran saya mengenai kemudahan mencari informasi tidak sampai di sana. Karena saya merupakan lulusan SMK jurusan IT, saya rasa bahwa diri saya harus mencoba membuat situs web blog sendiri untuk ikut membagikan informasi melalui internet.

Namun karena pengetahuan saya mengenai blog masih kurang, jadi saya memutuskan untuk mulai mencoba belajar menulis di beberapa media nasional Indonesia sembari menguji kemampuan saya dalam bidang penulisan.

Setelah berhasil menerbitkan beberapa artikel, akhirnya saya memutuskan untuk menulis di blog saya sendiri dan menulis beberapa artikel tentang pemrograman serta hiburan.

Menjadi Bloger Mahasiswa

menulis di blog
(Sumber Pribadi)

Setelah beberapa bulan menulis di blog saya sendiri, saya membuat mimpi baru lagi, yaitu “menjadi mahasiswa yang produktif dengan cara menulis di blog”. Ya, setelah beberapa bulan saya memilih menulis di blog, status saya mulai saat itu hingga sekarang adalah sebagai “mahasiswa”.

Di awal perkuliahan, saya pikir banyak mahasiswa satu jurusan saya ini yang juga menjadi seorang bloger. Namun, setelah mengetahui faktanya, ternyata masih banyak yang tidak mengetahui sama sekali apa itu blog ataupun siapa itu seorang bloger.

Sebagai mahasiswa yang masih memegang predikat “mahasiswa baru” saat itu, saya sangat yakin bahwa menulis di blog adalah pilihan yang tepat untuk saya tetap produktif, apalagi saat itu pandemi COVID-19 membuat saya masih tetap membatasi kegiatan saya di luar rumah.

Di awal masa perkuliahan, saya juga kurang mengetahui apa kurikulum yang akan saya gunakan. Akhirnya pada saat itu saya coba-coba cari tahu kurikulum untuk kampus saya, Universitas Pendidikan Ganesha. Dan akhirnya saya menemukan jawabannya, MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Sebuah istilah asing bagi saya saat itu.

Setalah saya mencari informasi mengenai MBKM, yang saya tangkap adalah keterbukaan pengajar terhadap peserta didik untuk dapat berkembang sesuai dengan minat peserta didik itu sendiri. Jika dipikir-pikir, bukankah ini adalah kesempatan yang baik bagi kita untuk terus berkembang? Menurut saya, iya!

Kembali membahas mengenai sistem pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Saat saya memulai perkuliahan daring hingga saat ini, memang ada beberapa kendala yang sering sekali saya hadapi. Contohnya adalah susah sinyal, perangkat yang terkadang tidak mendukung, hingga penyampaian materi yang agak lama untuk saya pahami.

Kendati demikian, para bloger kembali menyelamatkan saya. Informasi yang saya dapatkan ketika pembelajaran daring saya terganggu, sebagian besar saya dapatkan melalui blog yang ditulis oleh para bloger. Maka dari itu, saya juga ingin menyelamatkan semua pelajar dengan menulis di blog.

Setiap ilmu yang sudah saya kuasai, saya biasanya membagikannya dengan menulis di blog saya. Alasan saya melakukan itu sederhana, agar saya tetap ingat apa yang sudah saya pahami tersebut. Selain itu saya juga sangat meyakini bahwa berbagi ilmu adalah amalan yang Tuhan sukai.

Berbagi Materi di Era Digitalisasi Demi Mewujudkan Merdeka Belajar!

menulis di blog
(Sumber Pribad)

Menulis di blog juga menjadi salah satu pilihan saya untuk meningkatkan kapasitas saya sebagai seorang mahasiswa, serta keikutsertaan saya dalam mewujudkan Merdeka Belajar!

Sederhananya, membagikan informasi yang saya kuasai itu dapat membantu siswa atau mahasiswa di luar sana yang ingin mendapatkan informasi melalui internet. Jasa para bloger pada saat saya mempersiapkan diri untuk mendapatkan perguruan tinggi juga adalah alasan saya untuk ikut bergerak membagikan informasi kepada pelajar, atau bahkan masyarakat umum.

Saat memilih menulis di blog sebagai keikutsertaan saya dalam mewujudkan merdeka belajar, ada beberapa manfaat utama yang saya dapatkan, yaitu adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Kemampuan Diri

Mempelajari hal baru lalu membagikannya akan membuat kita memiliki pengetahuan yang kuat. Begitu juga dengan ilmu yang saya bagikan melalui blog. Biasanya, saya akan mempelajarinya terus menerus kemudian saya membagikannya dengan menulis di blog.

Membantu Banyak Orang

Sebagai makhluk sosial, tentu menolong orang untuk mendapatkan informasi adalah hal yang baik. Dengan menulis di blog, saya berharap tulisan saya dapat membantu pengguna internet mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Dikenal Banyak Orang

Percaya tidak percaya, dengan menulis di blog saya dapat mengenalkan diri saya ke khalayak luas. Bagaimana tidak, dilansir dari Liputan6.com, pengguna internet pada bulan Januari 2021 saja mencapai angka 4,66 miliar jiwa, itu berarti peluang saya dikenal banyak orang sangat besar.

Sarana Menyuarakan Opini

Sebagai seorang pelajar, saya sendiri terkadang dituntut untuk dapat berpikir kritis terhadap lingkungan sekitar saya. Nah, dengan menulis di blog, bukan hal yang tidak mungkin bagi saya untuk dapat membagikan opini saya melalui blog.

Sebagai Sarana Berwirausaha

Yang terakhir ini mungkin bersifat opsional bagi Anda. Namun, karena saya tertarik untuk mencoba membuka usaha saya sendiri, maka saya coba membuatnya. Menulis di blog juga menjadi salah satu sarana pemasaran bagi usaha yang coba saya buat agar dapat dilihat oleh banyak orang.

Bagaimana Peran Menulis di Blog Pada Keterampilan Abad-21?

(Sumber Pribadi)

Membahas mengenai bagaimana persiapan pelajar untuk dapat bersaing pada abad-21 ini tentu menjadi salah satu problem yang harus kita hadapi bersama.

Yang saya ketahui, terdapat empat kompetensi yang harus dimiliki siswa maupun mahasiswa untuk dapat bersaing di abad-21. 4C tersebut antara lain adalah Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity (kreativitas), Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama).

Dengan adanya teknologi masa kini, sebagai pelajar seharusnya kembali dapat menemukan caranya masing-masing untuk meraih kompetensi 4C tersebut. Apalagi, dengan adanya kurikulum “Merdeka Belajar” yang dapat merangsang pelajar untuk tetap berinovasi dan berkembang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Dan lagi-lagi, saya memanfaatkan kegiatan menulis di blog untuk mengasah kemampuan saya agar dapat meraih kompetensi 4C yang dibutuhkan. Setidaknya, saya sudah menemukan salah satu kegiatan produktif yang merangsang kreativitas, menemukan inovasi, menuangkan opini, memecahkan masalah, bahkan membagikan ide-ide saya melalui tulisan.

Perlahan tapi pasti, saya sangat yakin bahwa di era digitalisasi ini saya mampu hidup lebih produktif dan memiliki daya saing di abad-21 dengan memanfaatkan teknologi masa kini yang sebaik-baiknya, salah satunya dengan cara menulis di blog.

Setelah mengetahui bagaimana pengalaman saya menulis di blog serta bagaimana saya memanfaatkan teknologi masa kini dengan menulis di blog agar dapat berpartisipasi terhadap merdeka belajar, tentu saya juga ingin membagikan platform apa saja yang saya gunakan untuk membuat blog dan bagaimana cara membuatnya.

menulis di blog
(Sumber Pribadi)

Sebelum memulai menulis di blog, tentu kita perlu mengetahui bagaimana cara membuat blog itu sendiri. Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah platform yang membantu kita untuk membuat blog sendiri. Namun sebenarnya kita bisa saja membuat website dengan cara coding sendiri, tetapi hal tersebut perlu menguras waktu, tenaga, serta biaya yang relatif besar.

Nah, agar tidak terlalu menguras, waktu, tenaga, serta biaya yang banyak, saya dapat menyarankan dua platform gratis untuk membuat blog. Kedua platform berikut juga merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh para bloger. Agar tidak penasaran, silakan simak perkenalan berikut.

Pertama, Kita Kenalan Dulu dengan Blogger

blogger
(Sumber: Pngtree.com)

Yang pertama ini adalah platform Blogger. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah blogspot. Sejatinya, blogspot adalah subdomain dari platform Blogger ini.

Blogger merupakan platform yang dimiliki oleh Google. Para bloger menggunakan platform ini dikarenakan beberapa keuntungan yang diantara lainnya adalah.

Otomatis Mendapatkan Sertifikat SSL

Subdomain yang Gratis

Terhubung dengan Adsense, Adwords, dan Google Analytics

Mudah Digunakan oleh Pemula

Langkah pertama, Anda harus mengunjungi situs dari Blogger yaitu blogger.com. Lalu pilih menu “SIGN IN”

Setelah masuk, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memasukkan akun Gmail. Setelah memasukan email, selanjutnya pilih tombol “Next”.

Setelah memasukan Gmail, Anda juga harus memasukan password atau kata sandi yang benar dari akun Gmail Anda

Langkah ketiga, Anda juga perlu memasukan nama Blog sesuai dengan kebutuhan dan apa yang kamu inginkan. Jika sudah, silakan pilih “NEXT” untuk mengikuti langkah selanjutnya.

Setelah Anda membuat nama blog, langkah selanjutnya adalah membuat alamat blog itu sendiri. Perlu digaris bawahi bahwa alamat blog biasanya tidak dapat digunakan karena sudah ada alamat yang serupa.

Langkah kelima, Anda diharuskan mengisi nama profil kepemilikan blog Anda. Untuk nama profil ini, Anda boleh menggunakan nama pena atau nama asli Anda.

Dan yang terakhir, kini Anda sudah bisa membuka blog dan memulai untuk menulis di blog. Manfaatkan beberapa fitur pada platform Blogger untuk menunjang blog Anda sendiri.

Dengan beberapa kelebihan yang didapatkan oleh pengguna platform Blogger ini membuat saya merekomendasikan Anda untuk mencoba memulai menulis di blog dengan platform ini. Untuk cara pembuatannya juga relatif tidak sulit. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat blog di platform Blogger.

Kedua, Kita Kenalan dengan WordPress

(Sumber: Pngtree.com)

Selain platform Blogger, saya juga merekomendasikan salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh para bloger di seluruh dunia, yaitu WordPress. Platform WordPress ini dapat didefinisikan sebagai platform situs web yang menyediakan layanan pembuatan situs web seperti blog dan semacamnya.

Perlu diketahui, WordPress memiliki dua versi yang berbeda. Yang pertama yaitu WordPress.org, platform yang memungkinkan penggunanya untuk membuat situs web sendiri, tetapi menggunakan self-hosting atau hosting pribadi. 

Selanjutnya ada WordPress.com, di mana versi WordPress yang satu ini tidak perlu memikirkan hosting sendiri, alias sudah disediakan dengan gratis. Nah, saya lebih menyarankan untuk menggunakan WordPress.com untuk pemula karena tidak terlalu ribet dalam pembuatannya.

Sama seperti platform Blogger, WordPress.com juga membolehkan pengguna bebas nama blog sendiri, tetapi harus berisikan subdomain wordpress.com. Untuk kelebihannya secara detail, saya dapat menjabarkannya sebagai berikut.

Pilihan Tema Lebih Banyak

Subdomain yang Gratis

Agar tidak ketinggalan, saya juga akan membagikan bagaimana cara membuat blog menggunakan platform wordpress.com dengan mudah dan cepat. Detailnya, silakan ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Seperti biasa, pertama-tama, Anda harus mengunjungi wordpress.com/id/ terlebih dahulu, lalu pilih menu “Buat situs web Anda” 

Yang kedua adalah membuat akun WordPress Anda terlebih dahulu. Untuk mendaftar, Anda harus mengisi data diri seperti email aktif, kata sandi, serta username yang dapat digunakan. Selanjutnya pilih menu “Buat akun Anda”.

Langkah ketiga, Anda dapat membuat alamat domain blog yang masih tersedia. Saya sarankan untuk pilih yang memiliki subdomain .wordpress.com untuk mendapatkan alamat blog yang gratis.

Saat selesai memilih alamat blog, Anda akan diarahkan ke laman pilih paket. Anda tidak harus memilih salah satu dari paket yang disediakan, Anda boleh klik salah satu paketnya tetapi tidak usah membayarnya juga tidak apa.

Kembali ke laman wordpress.com dan masuk menggunakan akun yang dibuat tadi. Kini blog Anda sudah dapat diakses oleh internet. 

Dari kedua platform di atas sebenarnya masih ada beberapa platform yang mendukung Anda untuk membuat blog secara gratis dan mudah. Sebenarnya tidak masalah platform blog apa saja yang ingin dipilih, asalkan isi dari blog tersebut sesuai dengan niat kita dan tentunya bermanfaat bagi orang lain.

Apalagi mengingat saat ini masih dalam pandemi COVID-19, tidak hanya pelajar, tetapi masyarakat umum harus dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dan tentunya berinovasi dan selau berpikir kreatif. 

Karena saya masih muda, saya jadi teringat dengan kata mutiara dari Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie yang mengatakan “Jadilah anak muda yang produktif sehingga mejadi pribadi yang profesional dengan tidak melupakan dua hal, yaitu iman dan takwa”.

Jadi, tidak ada salahnya kita memanfaatkan blog sebagai teknologi masa kini untuk menjadi produktif, kreatif, inovatif, serta menjadi pribadi yang siap bersaing di era digital serta mewujudkan cita-cita dari “Merdeka Belajar”  yang menjadi acuan kurikulum saat ini.

Kesimpulan: Sebagai Pelajar, Menulis di Blog Adalah Pilihan Untuk Produktif, Berbagi, Serta Siap Bersaing

(Sumber Pribadi)

Sampailah kita pada penghujung dari artikel ini. Menjadi seorang bloger bukan hanya tentang menulis, tetapi bagaimana tulisan kita bisa bermanfaat dan menolong banyak orang di luar sana, terutama pengguna Internet.

Namun sekali lagi, saya tidak memaksa Anda untuk mengikuti apa yang menjadi pilihan saya, yaitu menulis di blog. Kebebasan menemukan cara sendiri untuk tetap produktif di era digitalisasi ini, seratus persen berada di tangan Anda.

Mulailah dari sekarang, sekecil apapun langkah yang dimulai akan berpengaruh pada kehidupan Anda di kemudian hari. Jadilah mansuia yang “Merdeka Belajar” dan siap bersaing menuju “Generasi Emas Indonesia di Tahun 2045”.

Nah sekian dulu isi dari artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Menurut Anda, apakah menulis di blog adalah langkah awal yang tepat untuk dipilih?